gravatar

Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Part 2

Kalau teman ingat pada awal kampanye aku pernah menceritakan naskah iklan layanan masyarakat yang disiarkan di RRI. Pembuatan ILM merupakan rencana kegiatan tambahan yang untuk khalayak sekunder kampanye Pride di KKLD Kaimana. Komunikasi yang baik antara CI dan RRI, membuat program ILM yang kami buat mendapatkan banyak bonus. Kesepakatan awal, CI akan membayar 5 juta untuk pembuatan ILM tentang Daerah Tabungan Ikan dan biaya 1 bulan penyiaran. Pada saat akan melunasi pembayaran ILM, RRI memberikan bonus bahwa ILM akan disiarkan terus tanpa batas plus bonus untuk penyiaran 1 lagi ILM baru. nah ini dia naskahnya :
Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt; mso-para-margin-top:0in; mso-para-margin-right:0in; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0in; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:"Times New Roman"; mso-fareast-theme-font:minor-fareast; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin;}
Back Sound   :     suara ombak, burung laut dan longboat tim Patroli dari kejauhan.
Nelayan 1      :     ah Sana tuh ada longboat dalam daerah tabungan ikan Gala-gala !!
Nelayan 2      :     Ok meluncur !!
Nelayan 3      :     Siang Pace Nixon..kamu bikin apa disini?
Nelayan 4      :     Bah kamu tra liat Sa ada pancing ini kah?
Nelayan 3      :     pace Nixon kamu tra tau klo lokasi ini masuk daerah tabungan ikan kah ?
Nelayan 4      :     Daerah Tabungan Ikan ? macam Sa pernah dengar kah
Nelayan 3      :     daerah tabungan ikan itu wilayah laut yang kitorang sepakati berSama untuk ditutup dari kegiatan pancing supaya ikan-ikan biSa beranak dan tumbuh beSar disitu. Kalo ikan su beSar, ikan pi keluar daerah tabungan ikan trus kitorang biSa tangkap ditempat lain , trus supaya ikan hidup tenang dan beranak banyak-banyak, kitorang tidak boleh pancing di daerah tabungan ikan, pancing di luar daerah tabungan ikan..
Nelayan 4      :     Oooo Sa baru ingat ini, yang hari itu kita ada bicara-bicara akang di pantai itu kah ?
Nelayan 2      :     itu sudah pace..maSa kamu lupa tuh!!
Nelayan 4      :     Jadi daerah tabungan ikan itu dimana-mana Saja ee ??
Nelayan 1      :     Daerah yang kitorang sepakati bersama ada 5 lokasi. Pertama daerah Gala-gala ini batasnya dari Embernabi Sampai Soinyamba, terus Tanjung OwaSanambi Sampai Siwani Oriri yang ada mangi-mangi itu, Tanjung Enau dari Pantai Masohitura Sampai Pantai Surangga, ke arah laut Sampai bagian luar reef, berikut di reef Sianumba, yang terakhir di Pulau Umbrom dan sekitarnya itu disebut daerah pemanfaatan terbatas.
Nelayan 2      :     itu sudah yang masyarakat sepakati..
Nelayan 4      :     aduh pace Sa minta maaf ini, Sa tidak tahu jadi..tapi Sa janji lain kali Sa tidak akan pancing di dalam daerah tabungan ikan lagi. Sa pancing di luar daerah tabungan ikan sudah..
Nelayan 1      :     pace Nixon nanti tolong bilang ke teman-teman yang lain lagi ee..supaya…
Nelayan 1, 2, 3   : laut terjaga..ikan melimpah..masyarakat sejahtera !!
Backsound    :     musik penutup
Narator          :     Iklan layanan masyarakat ini dipersembahkan oleh Conservation International Indonesia, bekerjaSama dengan RARE dan RRI Kaimana

Postingan Populer